Pertanyaan Umum :
Tanya : Browser apakah yang dapat digunakan secara optimal oleh aplikasi e-Filing pada Situs DJP ?Jawab : Browser yang direkomendasikan adalah Mozilla Firefox, Chrome dan Safari.
Tanya : Apakah aplikasi e-Filing pada Situs DJP dapat diakses dari luar negeri?
Jawab : Bisa
Registrasi e-filing
NO | TANYA | JAWAB |
1 | Setelah mendapatkan e-FIN, WP harus mendaftarkan diri pada aplikasi e-Filing? | Tidak, pendaftaran dilakukan di situs djponline (http://djponline.pajak.go.id) |
2 | Apakah 1 alamat e-mail dapat digunakan untuk beberapa NPWP? | Tidak bisa. satu email untuk satu NPWP |
3 | Apa fungsi nomor handphone yang dicantumkan WP pada aplikasi e-Filing di Situs DJP? | Nomor Handphone diperlukan dalam proses pengawasan dan konsultasi oleh AR, dimana misalnya terjadi kesalahan dalam SPT, maka AR dapat dengan mudah menghubungi Wajib Pajak |
4 | Jika WP Lupa email dan Nomor handphone yang telah didaftarkan dalam aplikasi e-Filing, apakah ada fasilitas ubah email pada aplikasi e-Filing di Situs DJP? Jika ada, bagaimana caranya? | Jika lupa email dan nomor handphone yang didaftarkan, user dapat melakukan perubahan email pada menu reset password di http://djponline.pajak.go.id |
5 | WP sudah melakukan registrasi pada aplikasi e-Filing di Situs DJP, namun tidak menerima link aktivasi di email WP. Apa yang harus dilakukan WP tersebut? | Anda dapat meminta kirim ulang link aktivasi di menu pendaftaran |
6 | Apa yang harus dilakukan WP apabila WP gagal melakukan aktivasi? | WP dapat menghubungi call center DJP di 1 500 200 |
Login
Tanya : Untuk melakukan login pada aplikasi e-Filing di Situs DJP, WP diminta untuk memasukkan NPWP-nya. Adakah fasilitas untuk merubah NPWP pada aplikasi e-Filing di Situs DJP
Jawab : Perubahan NPWP
Tanya :Bagaimana dengan WP yang pindah KPP?
Jawab : Belum ada jawaban
Tanya : Apa yang harus dilakukan WP apabila WP gagal login?
Jawab : Hubungi Call Center 1 500 200
Upload SPT
Tanya : Siapakah yang dapat mengunggah/upload SPT ?
Jawab : Wajib Pajak Badan , Orang Pribadi dan Bendahara dapat mengunggah SPT.
Tanya : Saya pengurus perusahaan, dapatkah mengupload SPT Badan ?
Jawab :
Tidak, Wajib Pajak Badan harus didaftarkan juga di DJPOnline. Wajib Pajak Pribadi hanya dapat mengirimkan SPT yang berkaitan dengan SPT Pribadi, demikian juga sebaliknya WP Badan hanya dapat mengirimkan kewajiban SPT Badan saja
Tanya : File apa saja yang dapat diunggah ?
Jawab :
1 (satu) file csv yang merupakan file SPT hasil dari aplikasi e-SPT
1 (satu) file pdf yang merupakan lampiran dari SPT
Tanya : Apakah itu file csv dan pdf yang dimaksud didalam aplikasi ini ?
Jawab :
- file csv adalah file yang dihasilkan dari aplikasi e-SPT sesuai dengan jenis pajak. File ini merupakan SPT anda.
- file pdf adalah file yang merupakan berkas selain satu set SPT, contohnya Neraca dan Laporan Laba Rugi, Laporan Daftar Penghitungan Penyusutan dan atau Amortisasi Fiskal , Perhitungan Kompensasi Kerugian Fiskal dan lain-lain sesuai dengan jenis SPT, lampiran ini harus dalam bentuk pdf. Jika file anda dalam bentuk Microsoft Word, Microsoft Excell atau yang lain, silahkan dikonvert ke dalam bentuk pdf
Tanya : Dimanakah saya dapat memperoleh installer aplikasi e-SPT beserta update aplikasinya ?
Jawab : Aplikasi e-SPT dapat di download dari www.pajak.go.id atau aplikasi perpajakan
Tanya : Kapankah saya dianggap sah telah melaporkan SPT ?
Jawab : Anda dianggap sah melaporkan SPT jika telah mendapatkan email Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) setelah anda memasukkan kode verifikasi
Tanya : Mengapa saya file csv yang saya kirimkan dinyatakan rusak ?
Jawab :
- file csv pernah dibuka sendiri
- file csv pernah direname/ganti nama file
- file csv pernah diubah isinya tanpa melalui aplikasi e-SPT
- aplikasi e-SPT menggunakan aplikasi yang tidak update
- dapat rusak oleh sebab lainnya
Tanya :
Saya sudah mengupload file csv, tetapi belum mendapatkan email Bukti Penerimaan Elektronik (BPE), apakah saya harus mengulang mengupload file ?
Jawab :
Tidak perlu unggah ulang SPT, silahkan buka menu "Submit SPT" dan didalam menu tersebut sudah terdapat pilihan untuk kirim SPT
Tanya : SPT apa saja yang dapat diupload oleh Wajib Pajak Orang Pribadi dan Badan ?
Jawab :
- WP Orang Pribadi dapat mengupload : SPT Tahunan 1770, SPT Tahunan 1770 S, SPT Masa PPh Pasal 4 ayat (2) dan SPT Masa PPh Pasal 21/26
- WP Badan dapat mengupload : SPT Tahunan 1771, SPT Masa PPh Pasal 4 ayat (2) dan SPT Masa PPh Pasal 21/26
- WP Bendahara dapat mengupload : SPT Masa PPh Pasal 4 ayat (2) dan SPT Masa PPh Pasal 21/26
Tanya : Apa yang harus saya lakukan jika mendapat catatan "Tanggal SPT di csv harus diisi/file rusak/file pernah diubah baik namafile maupun isinya secara manual" ?
Jawab : Mengisi tanggal SPT di aplikasi e-SPT, kemudian membuat file csv lagi
Tanya : Apa yang harus saya lakukan jika mendapat pesan "SPT Anda belum lengkap, SPT tidak dapat dikirim" pada waktu klik tombol "kirim SPT" ?
Jawab :
- Didalam menu Submit SPT, silahkan hapus SPT dengan klik tombol Hapus
- Perbaiki csv anda dengan aplikasi e-SPT, contoh : mengisi tanggal SPT di aplikasi e-SPT, kemudian membuat file csv lagi
Sumber : https://efiling.pajak.go.id/manual
1 comments:
Write commentsApakah npwp badan yang sudah didaftarkan bisa didaftarkan ulang dengan user id dan pin yang baru?
ReplyEmoticonEmoticon