BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 menyatakan bahwa seorang Kepala Sekolah harus menguasai Standar Kompetensi Kepala Sekolah yang terdiri atas : kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahaan dan kompetensi sosial.
Penjabaran kompetensi supervisi pada intinya adalah supervisi akademis dimana langkah-langkah yang dilakukan adalah merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru, melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat serta menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalismenya.
kegiatan wawancara supervisor dengan guru, sebelum masuk kelas |
Karena itu dalam rangka melaksanakan tugas Kepala Sekolah sebagai Supevisor/Penyelia maka perlu disusun program supervisi yang secara menyeluruh dan sistematis menjabarkan rencana kegiatan yang akan dilakukan serta apa tindak lanjut dari hasil supervisi setelah kegiatan dilakukan agar terjadi perbaikan yang signifikan dalam kegiatan akademis di SMP Negeri 2 Wanasaba.
B. Landasan Hukum.
- Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
- Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendiknas RI Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Kepala Sekolah / Madrasah
- Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
- Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan
C. Tujuan
Penyusunan Program Supervisi Tahun Pelajaran 2015/2016 pada SMP Negeri 2 Wanasaba. ini bertujuan sebagai berikut :
- Acuan bagi pelaksanaan kegiatan supervisi di lingkungan SMP Negeri 2 Wanasaba.
- Meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendidik
- Meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada setiap mata pelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas tamatan.
- Selain supervisi akademis , program supervisi ini juga dilengkapi dengan supervisi manajerial pada setiap unit kegiatan di lingkungan SMP Negeri 2 Wanasaba yang merupakan supervisi internal dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan unit kegiatan dan administrasi sekolah
D. Ruang Lingkup
Adapun ruang lingkup Program Supervisi Tahun Pelajaran 2015/2016 pada SMP Negeri 2 Wanasaba adalah :
1. Supervisi Akademis :
- Pengembangan Silabus/Perumusan Indikator
- Pengembangan RPP/Materi Pembelajaran
- Peningkatan Penguasaan Metode Pembelajaran
- Peningkatan Penguasaan Model Model Pembelajaran
- Peningkatan Penguasaan Sistem Penilaian Hasil Belajar
- Pelaksanaan Pembelajaran
- BK/Pengembangan Diri
2. Supervisi Internal Manajerial :
- Administrasi Tata Usaha
- Kurikulum
- Kesiswaan/Ekstra Kurikuler
- Sarana/Prasarana
- Humas/Hubungan Industri
- Perpustakaan
- Lingkungan/Budaya Sekolah
BAB II : ANALISIS HASIL SUPERVISI
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
A. ANALISA HASIL SUPERVISI AKADEMIS
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Adapun hasil analisis pelaksanaan program supervisi akademis tahun pelajaran tahun 2014/2015 sebagai berikut :
No.
|
Aspek Supervisi
|
Ketuntasan
|
1
|
Pemetaan Standar
Isi
|
Belum Tuntas
(50%)
|
2
|
Pengembangan
Indikator
|
Belum Tuntas
(85%)
|
3
|
Pengembangan
Silabus
|
Tuntas (75%)
|
4
|
Penyusunan RPP
|
Tuntas (75%)
|
5
|
Penyusunan
Dokumen KKM
|
Tuntas (25%)
|
6
|
Penggunaan Media
Pembelajaran
|
Belum Tuntas
(65%)
|
7
|
Metode
Pembelajaran
|
Belum Tuntas
(75%)
|
8
|
Penggunaan
Sumber Belajar
|
Belum Tuntas
(85%)
|
9
|
Penggunaan Media
Pembelajaran
|
Belum Tuntas
(65%)
|
10
|
Penggunaan dan
Teknik Penilaian
|
Belum Tuntas
(80%)
|
11
|
Analisis Hasil
Belajar
|
Belum Tuntas
(65%)
|
12
|
Pemanfaatan TIK
|
Belum Tuntas
(65%)
|
13
|
Analisis
Ketuntasan Belajar
|
Belum Tuntas
(50%)
|
Hasil ketuntasan target yang diharapkan pada program supervisi tahun 2014/2015 menunjukkan bahwa perlu dilakukan upaya untuk mencapai peningkatan pada aspek supervisi sebagai berikut :
- Analisa konteks sebagai dasar pengembangan KTSP yang berorientasi kepada kesesuaian kurikulum dengan potensi peserta didik, karakteristik sekolah dan kondisi lingkungan
- Pemetaan Standar Isi :
- Perlu dilanjutkan pemetaan standar isi pada setiap SK-KD setiap mata pelajaran untuk menghasilkan silabus yang sesuai dengan karakter sekolah dan potensi daeran
- Perumusan indikator pada SK-KD menunjukkan bahwa sebahagian besar sudah sesuai untuk memenuhi tuntutan pencapaian kompetensi namun sebahagian kecil masih perlu diperbaiki melalui kegiatan reviu di bawah koordinasi Tim Pengembang Kurikulum Sekolah
- Penggunaan media pembelajaran perlu diperluas dengan media yang lebih akurat dan didukung oleh teknologi informasi dengan memanfaatkan : komputer dan internet
- Penggunaan Metode Pembelajaran masih perlu menjadi bagian yang perlu perbaikan dengan menerapkan metode pembelajaran aktif yang mendorong peserta didik untuk menjadi pembelajar
- Penggunaan sumber belajar masih berorientasi pada buku paket dan modul diharapkan pada tahun berikutnya lebih diperkaya dengan pemanfaatan sumber belajar melalui internet, jurnal ilmiah dan media lainnya seperti buletin, koran, majalah dsb.
- Sebahagian penggunaan teknik dan alat penilaian masih perlu disempurnakan terutama dalam pemilihan yang sesuai antara teknik dan alat penilaian dengan tuntutan KD
- Analisa Hasil Belajar masih perlu peningkatan untuk dilakukan oleh seluruh guru dan seluruh mata pelajaran untuk mengetahui tingkat daya serap dan umpan balik bagi perbaikan pembelajaran tahun berikutnya
- Perlu peningkatan penguasaan teknologi informatika bagi guru untuk mampu menggunakan TIK dalam kegiatan pembelajaran
- Perlu peningkatan pelaksanaan analisis ketuntasan sebagai pertimbangan bagi peningkatan KKM tahun berikutnya dan sebagai bahan perbaikan pembelajaran
B. Analisis Hasil Supervisi Internal Manajerial tahun 2014/2015
Hasil supervisi internal manajerial terutama berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas staf manajerial perlu peningkatan pada :
- Kinerja Tim Pengembang Kurikulum dalam mereviu dan merevisi KTSP
- Perlunya dibentuk Tim Pengembang Kurikulum SMP Negeri 2 Wanasaba yang solid
- Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana
- Peningkatan pengelolaan lingkungan dan Budaya Sekolah
- Peningkatan sistem informasi manajemen
- Peningkatan Kemitraan dan kerjasama dengan stake holder/DU-DI
- Peningkatan Manajemen Pengelolaan laboratorium serta optimalisasi pemakaiannya dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa
- Peningkatan kegiatan pengembangan diri meliputi 4 layanan konseling dan peningkatan kualitas kegiatan ekstra kurikuler
BAB III : RENCANA PELAKSANAAN SUPERVISI
Tahun Pelajaran 2015/2016
A. Rencana Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2015/2016
Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2015/2016 yang disusun berdasarkan hasil evaluasi dan analisis pelaksanaan supervisi akademis tahun sebelumnya diharapkan akan memberikan dampak berupa perbaikan sekaligus peningkatan mutu proses dan output proses pembelajaran langsung yang dilaksanakan guru-guru mata pelajaran di kelas yang diindikasikan dengan adanya perbaikan pada :
- Peningkatan pemahaman guru terhadap Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) dengan titik berat pada :
- Review KTSP berupa telaah terhadap pengembangan silabus yang sesuai dengan kebutuhan pada setiap mata pelajaran
- Perumusan Kompetensi Dasar dan Indikator
- Penyusunan RPP
- Penggunaan Metode – Metode dan Model-Model Pembelajaran yang lebih variatif dan meningkatkan antusiasme peserta didik dalam proses pembelajaran
- Penggunaan instrumen penilaian yang sesuai dengan tuntutan kompetensi
- Pelaksanaan proses pembelajaran yang efektif dan efisien dengan mengacu kepada tuntutan penguasaan kompetensi
Agar pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2015/2016 ini berlangsung efektif dan dapat memvisitasi seluruh guru mata pelajaran maka petugas supervisi terdiri atas : Kepala Sekolah, Pengawas Pembina, Wakil Kepala Sekolah dan Guru-Guru Senior yang kompeten dan dianggap layak dan mampu melaksanakan Supervisi .
B. Jadwal Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2015/2016
Jadwal Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2015/2016 disusun dengan mempertimbangkan hari efektif belajar dan disusun atas Jadwal Pelaksanaan Supervisi Akademis Semester Ganjil dan Jadwal Supervisi Akademis Semester Genap. Jadwal selengkapnya terlampir :
C. Rencana Supervisi Manajerial Internal
Pelaksanaan Supervisi Internal dalam bidang manajerial sekolah dilakukan pada setiap unit kegiatan yang ada dalam jajaran manajerial SMP Negeri 2 Wanasaba Pelaksanaannya dilakukan bersama oleh Kepala Sekolah bersama dengan Pengawas Pembina pada setiap unit dengan target utama adalah pembenahan pada :
- Kinerja Tim Pengembang Kurikulum dalam mereviu dan merevisi KTSP
- Perlunya dibentuk Tim Pengembang Kurikulum SMP Negeri 2 Wanasaba yang solid
- Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana
- Peningkatan pengelolaan lingkungan dan Budaya Sekolah
- Peningkatan sistem informasi manajemen
- Peningkatan Kemitraan dan kerjasama dengan stake holder/DU-DI
- Peningkatan Manajemen Pengelolaan laboratorium serta optimalisasi pemakaiannya dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa
- Peningkatan kegiatan pengembangan diri meliputi 4 layanan konseling dan peningkatan kualitas kegiatan ekstra kurikuler
D. Jadwal Pelaksanaan Supervisi Internal Manajerial
Jadwal pelaksanaan supervisi internal manajerial akan disusun bersama dengan pengawas pembina SMP Negeri 2 Wanasaba disesuaikan dengan program pembinaan manajerial dari Pengawas pembina
BAB IV P E N U T U P
Demikianlah program supervisi SMP Negeri 2 Wanasaba ini disusun dengan harapan dapat meningkatkan kinerja dan kualitas pengelolaan sekolah dan kualitas pembelajaran pada setiap program keahlian di SMP Negeri 2 Wanasaba Pada akhir tahun pelajaran akan dilakukan evaluasi dan dirumuskan tindak lanjut nya sebagai dasar penyusunan program supervisi SMP Negeri 2 Wanasaba Tahun Pelajaran berikutnya.
2 comments
Write commentsmhn ijin dwon load..mksh
Replysilahkan ... semoga bermanfaat
ReplyEmoticonEmoticon